https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA SMP DALAM MELAKUKAN OPERASI ALJABAR DAN MENGURAIKAN BENTUK ALJABAR KE DALAM FAKTOR | Suciyani | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

IDENTIFIKASI KESULITAN SISWA SMP DALAM MELAKUKAN OPERASI ALJABAR DAN MENGURAIKAN BENTUK ALJABAR KE DALAM FAKTOR

Emi Suciyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas VIII SMP N 1 Kepil tahun ajaran 2013/2014 dalam Kompetensi Dasar (KD) melakukan operasi aljabar dan menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 7 siswa yang dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu bahwa subjek-subjek tersebut dapat berkomunikasi secara interaktif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara. Analisis data dilakukan dengan mereduksi dan  menyajikan data hasil wawancara sehingga diperoleh kesimpulan mengenai kesulitan-kesulitan yang dialami siswa secara umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan-kesulitan siswa meliputi kesulitan penggunaan konsep dan prinsip. Konsep yang tidak dikuasai siswa yaitu, tidak mengingat dan memahami definisi koefisien, variabel, dan konstanta dalam bentuk aljabar; serta kesulitan dalam membedakan suku sejenis dan tidak sejenis. Prinsip yang tidak dikuasai siswa yaitu, menjumlahkan dan mengurangkan pecahan bentuk aljabar dengan penyebut berbeda serta melakukan perkalian dan pembagian pecahan aljabar, memfaktorkan bentuk selisih dua kuadrat.

Kata kunci: identifikasi kesulitan siswa, faktor, konsep, prinsip


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v13i2.1837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.